Misericordia Child & Family Development Center

Misericordia Child & Family Development Center

Sunday, September 22, 2013

Tips Agar Anak Tidak Lagi Buang Air Besar (BAB) di Celana

Saat anak sudah belajar toilet training dan berhasil, namun kemudian mulai kembali untuk buang air besar di celana, tak jarang membuat orang tua kesal. Sebab bukan karena anak tak bisa pergi ke kamar mandi sendiri, namun karena anak sengaja mencari perhatian orang tuanya. Apalagi jika si anak punya adik kecil.

Memang bukan hal yang mudah untuk membuat anak kembali ke kebiasaan yang pelan-pelan mulai terbangun untuk membiasakan dirinya buang air besar ( BAB ) di toilet. Tak jarang anak akan kembali mengulangi perbuatannya untuk sekedar mencari perhatian.

Beberapa waktu lalu, seorang teman saya yang sudah berkeluarga membagikan pengalamannya tentang anaknya yang mulai suka BAB di celana. Padahal sebelumnya selalu disiplin BAB di toilet. Hasil pengalamannya menarik sehingga saya bagikan di forum ini dengan maksud membagi pengalaman beliau.

Si kecil yang mulai memiliki kebiasaan BAB di celana ini tak perlu dimarahi. Memang mengesalkan rasanya jika anak yang sudah kita latih justru kembali ke kebiasaan lama seolah-olah tak pernah dilatih sebelumnya. Jika anak berperilaku demikian, maka langkah pertama adalah bersabar. Kemudian ajak anak ke kamar mandi dan bersama dengan Anda, ajak si anak membersihkan celananya sendiri dengan tangan. Anak pada umumnya akan langsung menolak dan bilang jijik melakukan hal tersebut. Kejijikan ini bisa Anda manfaatkan untuk memberi nasihat padanya agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Yuria Ekalitani, C.Ht, MT.OEI, M.Si, M.Psi (Cand)





No comments:

Post a Comment