Misericordia Child & Family Development Center

Misericordia Child & Family Development Center

Wednesday, July 31, 2013

Terapi PECS untuk Komunikasi Anak Autis

Autisme adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan minat yang obsesif. (Baron-Cohen, 1993).Di Indonesia sendiri, tidak sedikit anak mengalami gangguan ini. Meski demikian, sebagai orangtua maupun pendamping anak autis tidak perlu terlalu cemas karena sudah banyak ditemukan terapi-terapi untuk anak-anak dengan autisme ini. Salah satunya adalah terapi dengan menggunakan Picture Exchange Communication System (PECS). Terapi menggunakan PECS memiliki nilai lebih tersendiri. PECS memberi pengajaran pada anak untuk memulai inisiatif berkomunikasi.

Format latihan PECS dilakukan antara guru/orang tua dan murid dengan menempatkan di atas meja suatu gambar obyek yang diinginkan anak. Bantuan fisik (bukan bantuan verbal) oleh pihak ketiga menunjukkan bahwa anak bisa mendapatkan obyek yang diinginkannya dengan cara yang diharapkan guru/orang tua. Pertukaran gambar dilakukan baik dalam format latihan yang banyak (mass trial) dan di lingkungan alami anak. Bila anak mampu menguasai pertukaran secara mandiri, maka guru/orang tua akan memperluas jarak dan tidak lagi dilakukan di atas meja secara berhadapan. Kontak mata merupakan prasyarat dalam melakukan pertukaran gambar dengan obyek yang diinginkan anak. Verbalisasi dari obyek yang diinginkan anak dilakukan oleh guru/orang tua sebagai bagian dari pertukaran. Latihan terus dikembangkan dengancara seperti ini hingga anak mampu membuat kalimat dengan gambar secara lengkap dan menunjukkan inisiatif 'berkomunikasi' (menukar strip kalimat) dengan guru/orang tua. Dalam prosesnya kemudian, sebuah buku yang berisi gambar 'kosa kata' fungsional diciptakan untuk anak. Buku ini harus selalu ada dalam setiap kesempatan dan situasi-situasi sehari-hari anak. Salah satu manfaat penting kemudian adalah, PECS menawarkan peluang yang terbuka bagi anak untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sering mereka temui.


Bagi orangtua maupun terapis yang membutuhkan alat bantu komunikasi untuk anak, 
Misericordia CFDC menyediakan : buku komunikasi, kartu yang diadaptasi dari kebutuhan anak serta petunjuk pelaksanaan tiap fase.

Anda juga bisa mendapatkan alat PECS secara lengkap bersama Modul dari Lory Frost, M.S, CCC-SLP,  dan Andy Bondy, Ph.D melalui : http://www.pecsproducts.com/catalog/





No comments:

Post a Comment