Misericordia Child & Family Development Center

Misericordia Child & Family Development Center

Tuesday, July 30, 2013

Mengenal Tahap Perkembangan Anak

MENGENAL TAHAP PERKEMBANGAN
FISIK, KOGNITIF, BAHASA DAN SOSIAL PADA ANAK

Oleh. Yuria Ekalitani
  
A.                 MASA BAYI ( 0 - 3 Th ) ---- Batita

Perkembangan Fisik
v  Memiliki kepala yang lebih besar dibandingkan bagian tubuh yang lain.
v  Dalam jangka waktu 12 bln : bayi dapat duduk, berdiri, membungkuk, memanjat dan berjalan
Refleks pada bayi =
Ø  Refleks menghisap ( sucking refleks )
Memudahkan bayi yang baru lahir untuk memperoleh makanan sebelum mereka mengasosiasikan puting susu dengan makanan.
Ø  Refleks mencari ( rooting refleks )
Bayi memalingkan kepalanya ke arah benda yang menyentuhnya dalam upaya menemukan sesuatu yang dapat dihisap. Menghilang setelah bayi berusia 3-4 bln.
Ø  Refleks moro ( moro refleks )
Respon tiba-tiba pada bayi akibat gerakkan yang mengejutkan.
Ø  Refleks menggenggam ( grasping refleks )
Ketika kita menyentuh tangan bayi , ia akan merespon dengan cara menggenggam kuat. Refleks ini akan melemah seteelah usia 3 bln dan akan menghilang setelah 1 thn.
Ø  Refleks Babynski
Ketika telapak kaki diusap. Akan menghilang pada usia 9 bln hingga 1 thn.
           
            Keterampilan motorik kasar :
            1 bln                : mengangkat kepala dari posisi tengkurap
            3 bln                : menyangga dada dengan menggunakan lengan
            3 – 4 bln          : berguling
            4 – 5 bln          : menopang sebagian berat badan dan kaki
            6 bln                : berdiri tanpa dukungan
            7 bln                : merangkak dan berdiri tanpa dukungan
            8 bln                : menyangga tubuhnya hingga ke posisi berdiri.
            10 – 11 bln      : berjalan dengan bantuan kursi dan meja.
            12 – 13 bln      : berjalan tanpa bantuan
            13 – 18 bln      : berjalan dengan menarik mainan
            18 – 24 bln      : berjalan cepat/berlari.

            Keterampilan motorik halus :
Pada mulanya hanya memperlihatkan gerakkan bahu dan siku yang kasar tetapi kemudian meperlihatkan gerakkan pergelangan tangan dan koordinasi.

Perkembangan kognitif dan bahasa
Merupakan tahap perkembangan sensorik-motorik ( 0-2th) dimana pada masa ini persepsi bayi diperoleh melalui penjelasan sensorik.
Konsep-konsep yang dipahami :
Ruang  : memperkirakan jarak yang memungkinkan untuk meraih benda.
Berat    : belum punya konsep yang tepat.
Waktu  : mengetahui pagi, siang dan malam
Diri      : fisik dengan melihat kaca dan memegang bagian tubuhnya.
Sosial   : memberi reaksi pada orang lain ( usia 8 bln )
Keindahan : bereaksi terhadap warna ( usia 6 – 24 bln )

Perkembangan sosial
·         Scafolding ( seperti dalan permainan cilukba ) menggambarkan peran penting dalam interaksi awal antara orang tua – anak ( dalam Betty, 2005 ).
·         Fungsi      : untuk memperkenalkan bayi pada aturan-aturan sosial khususnya dalam pengambilan giliran ( Bruner, 1989 )
·         Satu tahun pertama adalah kunci perkembangan keterikatan. Masa yang sangat rentan untuk menumbuhkan rasa percaya. Rasa percaya dapat ditimbulkan dari keamanan secara fisik bahwa dunia akian menjadi tempat yang baik untuk dihuni.

B.                 MASA PRA SEKOLAH ( 3 – 5 th )

Perkembangan fisik
v  Makin langsing karena batang tubuh makin tinggi
v  Otak dan kepala berkembang pesat daripada bagian tubuh manapun à  memberi dampak pada peningkatan kecepatan penerimaan informasi.

Motorik kasar
Usia 3   th = berjingkrak, melompat dan berlari kesana-kemari
4        th = lebih berani mengambil resiko
5        th = lebih percaya diri melakukan ketangkasan.

Perkembangan Sosial
v  Masa pra kelompok           : pengalaman didapat dari kelompok
v  Peningkatan hubungan antara teman sebaya lebih senang bereman dengan yang sejenis
v  Permainan meningkatkan perkembangan kognitif dan mengurangi tekanan atau stress
Jenis permainan
Sensoris-motoris/praktis                       : berlari, melompat, meluncur, dll.
Pura-pura/simbolis                   : guru, dokter, dll
Sosial                                       : kejar-kejaran, perang-perangan,dll
Konstruktif                              : menyusun balok dan kerangka rumah,dll
Games                                     : dengan kompetisi atau melibatkan aturan

Perkembangan kognitif dan bahasa
v  Dunia kreatif, bebas dan penuh imajinasi
v  Tahap pra operasional  ( 2-7 th ) = konsep sudah terbentuk, ada penalaran, egosentris lekat, keyakinan terhadap hal-hal magis.

C.                 MASA KANAK-KANAK AKHIR

Perkembangan Fisik
v  Mulai terjadi perubahan pubertas
v  Perkembangan motorik lebih terkoordinasi à aktivitas fisik akan mendukung
v  Usia 10 – 12 th : anak mulai memiliki keterampilan manipulatif. Menciptakan seni

Perkembangan sosial
·         Disebut usia kelompok
·         Adanya minat untuk diterima anggota kelompok.
·         Ingin selalu dengan teman-temannya
·         Muncul geng à beda dengan remaja
Ø  Untuk memperoleh kesenangan
Ø  Terdiri dari anak-anak yang populer ( cenderung berkomunikasi lebih jelas )
Ø  Jarang terdiri dari 2 jenis kelamin berbeda
Ø  Punya tingkat perkembangan, minat dan usia yang sama

Perkembangan kognitif dan bahasa
v  Masa opersional konkret à mampu mengklasifikasikan benda-benda
v  Pengalaman memberi makna bagi konsep
            Dalam bahasa à sudah menguasai struktur kalimat.

Penutup
Semoga informasi ini yang hanya sedikit dapat membantu para orang tua sekalian untuk bisa lebih mengerti tentang permasalahan tumbuh kembang anak anda. Dan bila ada pertanyaan mengenai masalah ini kami akan berusaha untuk memberikan pemahaman yang sejelas-jelasnya bagi anda sekalian . Anda bisa menghubungi kami di alamat maupun kontak yang tertera di bawah ini. Terima kasih
Selamat memantau perkembangan anak kita. (Yuria Ekalitani)








No comments:

Post a Comment