Misericordia Child & Family Development Center

Misericordia Child & Family Development Center

Sunday, November 8, 2015

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 3-4 Bulan

Tidak seperti dalam dua bulan pertama dulu, jadwal rutin minum dan tidur bayi menjadi lebih teratur. Bila bulan pertama dan kedua menjadi bulan yang menyita waktu. Namun memasuki bulan ketiga dan keempat akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Jadwal minum dan tidurnya sudah mulai dapat diatur. Waktu tidurnya lebih lama dibandingkan bulan sebelumnya sehingga Anda menjadi punya lebih banyak waktu melakukan hal lain. Jika dalam dua bulan pertama gerakkan bayi masih dikuasai oleh berbagai refleks, kini mulai muncul gerakkan-gerakkan yang digerakkan oleh kesadarannya.

Melihat dan Mengenali
Perkembangan penglihatan bayi pada usia tiga hingga empat bulan berlangsung sangat progresif. Pada awal usia tiga bulan, penglihatan bayi masih sangat terbatas. Tetapi pada akhir bulan keempat, penglihatannya sudah hampir sempurna. Pada usia empat bulan, penglihatan jarak dekatnya lebih tajam.  Pada usia ini, bayi akan memandang mainan dalam jarak 7-10 cm dari matanya.

Memahami Hubungan Sebab Akibat
Pada usia 3-4 bulan, bayi akan mulai mempelajari sesuatu yang sangat berarti bagi perkembangan intelektualnya yaitu mempelajari hubungan sebab akibat. Pada saat bayi menggerakkan tangan dan kakinya, ia akan mengetahui bahwa sebuah mainan akan bergerak bila tangannya menyentuh mainan tersebut. Bila ia lapar atau basah dan kemudian menangis, ia akan tahu bahwa akan datang seseorang untuk menolongnya. Hal-hal kecil seperti ini addalah pengalaman pertamanya untuk memahami hubungan sebab akibat dan akan terus berkembang hingga pada tingkatan yang lebih rumit.

Respon pada Suara Bayi
Pada dua bulan sebelumnya, suara-suara yang dikeluarkan bayi hanya merupakan respon dari tubuhnya terhadap keadaan emosi pada saat itu. Itu terjadi tanpa usaha yang disadari oleh bayi.  Tetapi kurang lebih dua bulan setelah masa itu, bayi mengeluarkan suara dengan tujuan dan maksud yang sudah lebih jelas. Bayi akan berceloteh dengan gembira bila merasa kenyang dan senang. Suara-suara yang dikeluarkannya digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaannya dan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya  Dalam keterbatasannya, ia telah menggunakan suaranya untuk berbahasa. Oleh sebab itu, orangtua atau pendamping perlu memberi respon pada suara bayi dan mengajaknya berkomunikasi agar kelak perkembangan kemampuan berbahasanya dapat berkembang secara optimal.

Aktivitas yang sudah dapat dilakukan oleh bayi usia 3-4 bulan :

  • Arah pandangan mata mengikuti arah benda yang dilihatnya bergerak.
  • Meraih benda yang tergantung.
  • Kepala dapat tegak selama 15 detik.
  • Dapat duduk dibantu selama 10 detik.
  • Senang bermain dengan jarinya sendiri.


Oleh karena itu, beri bayi Anda :

  • Mainan yang aman.
  • Mainan-mainan yang mengeluarkan bunyi.
  • Mainan-mainan yang digantung dan dapat diraih.

Diulas oleh :
A.Yuria Ekalitani
Direktur Misericordia Child and Family Development Center
www.mcfdc.blogspot.com
www.mycfdc.org




No comments:

Post a Comment